7 Cara Mudah Tangani Tanaman yang Hampir Mati

7 Cara Mudah Tangani Tanaman yang Hampir Mati – Saat tanaman layu dan daun-daunnya terasa kering, kita seringkali berfikir bahwa tanaman tersebut akan segera mati. Padahal, tanaman yang layu belum tentu mati. Untuk itu, jangan terburu-buru mengikis tanaman yang layu. Kita tetap mampu menyelamatkannya. Caranya, dengan mencoba langkah tersebut ini. X Learn more

7 Cara Mudah Tangani Tanaman yang Hampir Mati

7-cara-mudah-tangani-tanaman-yang-hampir-mati

1. Cari gejala kehidupan Jika tanaman berubah jadi coklat dan kehilangan sebagian daun, jangan menyerah dulu.

minhquangthienvien.com – Ada harapan untuk mampu menghidupkannya kembali, dengan catatan tanaman tetap memiliki sedikit daun hijau dan batang yang lentur. Kuncup daun termasuk merupakan tandanya tentu bahwa tanaman tetap hidup. Melinda Meyers, mgslotonline bintang dan produser segmen TV dan radio Melinda’s Garden Moment, mengatakan, membangkitkan kembali tanaman perlu kesabaran (terkadang bahkan bertahun-tahun).

2. Dugaan kekurangan atau berlebihan air Tanaman yang benar-benar banyak disiram termasuk akan kelihatan layu dan bisa saja berdaun coklat atau kuning yang membuatnya kelihatan mati. Sebaliknya, terkecuali kita lupa menyiram tanaman, daunnya akan jadi coklat, tapi mengering pada bagian pinggir atau menggulung. Kristena LaMar, ahli berkebun di Oregon, Amerika Serikat mengatakan, terkecuali kita mengira penyiraman berlebihan adalah penyebab matinya tanaman, tersedia cara yang mampu dilakukan.

Pindahkan tanaman tersebut ke tanah yang kering, dan terkecuali tanaman terasa “haus”, kembali sirami. Bila udah menyatakan gejala kehidupan, biarkan tanaman itu tumbuh sehat sebelum memikirkan untuk memberinya pupuk. “Memupuk tanaman yang memiliki masalah mampu melukai akar yang lunak berasal dari tanaman yang sedang di dalam sistem pemulihan,” ujar Mayers. X Learn more

3. Cek pencahayaan Jika kita baru saja memindahkan tanaman ke area baru, bisa saja tanaman tidak memperoleh memadai cahaya. Atau, mampu saja pencahayaan berubah dikarenakan terhalang sesuatu.

7 Cara Mudah Tangani Tanaman yang Hampir Mati

Untuk tanaman di dalam ruangan, kita mampu memakai tirai yang tidak tebal agar cahaya selalu mampu masuk ke di dalam ruangan. Jika tanaman di dalam ruangan tak memiliki cahaya yang cukup, pindahkan tanaman ke jendela yang lebih cerah. Juga perlu diingat, terkecuali tanaman indoor benar-benar banyak terpapar cahaya, ini termasuk akan mengundang masalah. Untuk itu, perhatikan cahaya dan meletakkan tanaman cocok dengan jenisnya.

4. Cari area yang lembap Tanaman menyerap air lewat daun dan termasuk akar. Jadi simpan tanaman di area lembap yang tidak benar-benar cerah, dan tidak benar-benar kering untuk membantunya pulih.

5. Beri “makan” dengan seksama Orang dan hewan peliharaan bukanlah satu-satunya hal di tempat tinggal yang perlu makanan, tanaman termasuk mampu kekurangan gizi. Hal ini ditandai dengan berubahnya warna atau pertumbuhannya yang lambat. Meyers menyarankan bantuan pupuk atau suplemen nutrisi. Bergantung pada kekurangan nutrisi, bantuan nutrisi mampu membantu tanaman segera sembuh di dalam sebagian hari. X Learn more Kekurangan lain bisa saja perlu selagi lebih lama, perlu selagi hingga sebagian minggu. Namun untuk tanaman yang udah kronis, bisa saja tidak dulu sembuh sepenuhnya, biarpun hal ini jarang berjalan pada tanaman hias.

6. Pupuk Pilihan lain untuk tanaman yang kekurangan gizi adalah berikan pupuk yang larut di dalam air yang perlahan-lahan akan melewatkan nutrisi, dan kecil kemungkinannya untuk membakar akar tanaman. Biasanya pupuk ini berwujud butiran kecil. Tambahkan pupuk ke di dalam pot sebelum menyiram tanaman.

Gunakan pupuk cuma pada selagi tanaman akan tumbuh. Pemupukan yang berlebihan atau penggunaan pupuk yang keliru mampu membakar akar tanaman.

7. Jadikan kompos Jika udah mencoba segalanya, dan tanaman tetap tidak mampu dihidupkan kembali, bisa saja inilah saatnya untuk membiarkannya pergi. Tanaman yang mati tetap mampu jadi kompos untuk tanaman yang lain. Kompos kaya akan nutrisi yang akan mengakibatkan tanaman berkembang.

Leave a Comment